Bikin Kaget, Ini Manfaat Baik Ubi Ungu yang Jarang Diketahui

Bikin Kaget, Ini Manfaat Baik Ubi Ungu yang Jarang Diketahui

Ubi ungu menawarkan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengonsumsinya secara utuh, kamu juga bisa mengolahnya menjadi aneka makanan. Lalu, apa saja manfaat ubi ungu untuk kesehatan?

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh ubi ungu. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu harus mengonsumsinya secara rutin. Nah, berikut ini beberapa manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Kandungan antosianin dan polifenol didalamnya dapat mengurangi stress akibat kerusakan oksidatif dalam tubuh. Antosianin dapat merangsang jenis antioksidan lainnya pada ubi ungu. Antioksidan tersebut akan menangkal radikal bebas.

    Dengan begitu sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Berbagai senyawa antioksidan akan mengalami peningkatan jumlah produksi. Hal tersebut sangat baik untuk mengeluarkan senyawa beracun di dalam tubuh sehingga kita tidak mudah sakit.

  • Mengatasi infeksi
  • Manfaat lain dari ubi ungu yaitu dapat mengatasi infeksi akibat bakteri. Ubi jenis ini mengandung senyawa tertentu yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut akan mengusir berbagai bakteri penyebab infeksi seperti E. Coli, Salmonella.

  • Meredakan peradangan
  • Sifat anti inflamasi yang dimilikinya dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh. mengonsumsi ubi ungu akan membantu mengurangi produksi TNF-alfa, sehingga bisa menghambat peradangan. Beberapa jenis peradangan yang bisa diatasi dengan konsumsi ubi adalah radang tenggorokan, radang sendi, dan lainnya.

  • Mencegah penuaan dini
  • Kandungan antioksidan yang tinggi pada ubi juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Antosianin di dalamnya juga akan membantu memperlambat penuaan sel tubuh.

    Mengonsumsinya secara rutin dapat memudarkan berbagai masalah penuaan dini seperti garis-garis halus, flek hitam, hingga keriput. Kamu bisa mengonsumsi aneka olahan yang terbuat dari HC Tepung Ubi Ungu Natural agar terlihat awet muda.

    Sumber foto: Google

  • Mencegah pembekuan darah
  • Pembekuan darah bisa berakibat sangat fatal. Oleh karena itu, mencegahnya sebelum terjadi sangatlah disarankan. Kamu bisa melakukannya dengan rutin mengonsumsi ubi ungu.

    Manfaat ini didapatkan karena ubi ungu mengandung asam klorogenat yang diketahui dapat membantu mencegah pembekuan darah. Asam klorogenik akan mengurangi proses pembentukan benang-benang fibrin.

  • Mencegah Diabetes
  • Ubi ungu kaya akan serat sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Selain itu, ubi juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsinya, kadar gula darah akan tetap terkontrol.

  • Menjaga kesehatan hati
  • Ubi ungu dapat melindungi hati dari berbagai masalah kesehatan, berkat kandungan antosianinnya. Zat antosianin dalam ubi ini dapat mengurangi kerusakan sel di organ hati akibat senyawa beracun.

  • Mencegah Kanker
  • Ubi ungu juga bisa mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada ubi dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ubi ungu bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker.

    Selain dikonsumsi langsung, kamu juga menikmati aneka olahan dari ubi ungu. Berbagai makanan ini pun terasa berbeda karena cita rasa ubi ungu yang khas.

    Biasanya ubi ungu dijadikan sebagai keripik, es krim, salad, hingga mie. Ingin olahan yang berbeda? Kamu bisa membeli HC Tepung Ubi Ungu Natural dan mengolahnya menjadi bolu panggang atau bolu kukus, candil pada bubur sumsum, donat, klepon, bakpao, atau kue talam.

    Jadi, sekarang menikmati ubi ungu tidak lagi membosankan karena di Healthy Choice sudah tersedia tepung ubi ungu  yang praktis untuk dijadikan berbagai makanan. Klik di sini untuk belanja bahan makanan sehat lebih praktis dan mudah.

     

    Baca juga: 5 Camilan Ibu Hamil yang Dipercaya Bisa Melancarkan Persalinan

    Baca juga: Memiliki Indeks Glikemik Sedang, Ini Daftar Makanan Sehat untuk Kontrol Gula Darah


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published