Bantu Cegah Kanker Serviks, Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Bantu Cegah Kanker Serviks, Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Kanker Serviks adalah salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh perempuan. Bahkan, penyakit ini menyebabkan lebih 200 ribu kematian setiap tahunnya. Dari kebanyakan kasus kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi Human Papillomavirus (HPV).

 

Menurut penelitian dari American Cancer Society, risiko perempuan terserang kanker dikarenakan kurang mengonsumsi sayuran dan buah. Pasalnya kandungan antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah diyakini dapat membantu mencegah serta memperlambat pertumbuhan sel kanker, salah satunya kanker serviks.

 

Namun, hingga saat ini belum ditemukan cara mencegah secara efektif penyakit kanker serviks. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir dan cemas. Karena mencegah atau mengurangi risiko penyakit kanker serviks dapat dilakukan dengan pola makan sehat. Nah, beberapa diantara makanan ini dipercaya dapat mencegah risiko kanker serviks karena kandungan sehatnya. Berikut daftarnya.


kacang hijau organik

Sumber foto: Google


1.Gandum

Makanan sehat pertama yang bisa Anda andalkan untuk mencegah kanker serviks adalah roti gandum tubuh. Gandum utuh memiliki kandungan vitamin B6 cukup tinggi dan dapat mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh, metabolisme sel darah merah dan sistem saraf.

 

Mengonsumsi roti gandum utuh atau rolled oat whole grain secara rutin dan teratur dapat mempertahankan kesehatan sel-sel tubuh agar tidak bermutasi menjadi kanker.

 

2.Kacang-kacangan

Selain gandum, kacang-kacangan juga tergolong makanan sehat yang baik untuk menurunkan risiko kanker serviks. Sebab, kacang-kacangan mengandung protein yang tinggi di dalamnya. Terutama kacang hijau organik, yang memiliki protein serta nutrisi cukup tinggi.

 

Perlu diketahui bahwa serat dan protein pada kacang hijau organik dapat menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh. Oleh karena itu, pembentukan sel kanker juga bisa diminimalisir. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung senyawa fitokimia, yakni zat yang dianggap dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan menjaga kesehatan sel, sehingga tidak berubah menjadi kanker.

 

3.Brokoli

Tak hanya kacang-kacangan, sayuran hijau juga dipercaya dapat mencegah kanker serviks, salah satunya brokoli. Sayuran hijau satu ini menempati peringkat pertama sebagai sayuran paling populer dalam mencegah kanker karena memiliki senyawa alami yang disebut indole 3 carbinol (I3C).

 

Dimana senyawa ini dapat mendetoksifikasi tubuh dari racun yang berbahaya. Selain itu, kandungan dalam sayuran ini juga bersifat antikarsinogenik yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kanker serviks.

 

4.Wortel

Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah kanker serviks yaitu wortel. Tak hanya dikenal baik untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki kandungan beta-carotene serta karotenoid yang mampu mencegah penyerapan karsinogen ke sel-sel tubuh.

 

Selain dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk mentah, Anda juga bisa memasaknya sebagai bahan campuran salad. Wortel juga merupakan sayuran yang serbaguna, selain dimasak untuk dijadikan makanan Anda bisa mengolahnya menjadi jus.

 

5.Selada Air

Tak hanya brokoli, sayuran hijau lainnya yang dapat mencegah kanker serviks adalah selada air. Sebagian orang mungkin tidak suka dengan sayuran yang satu ini, meski demikian selada air rupanya memiliki kandungan yang baik.

 

Salah satunya kandungan flavonoid yang diketahui dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker. Nutrisi penting ini juga dapat mengontrol berat badan tubuh, lho. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, selada air bisa dikonsumsi mentah-mentah atau diolah menjadi salad.

 

Nah, itulah beberapa makanan sehat yang dapat mencegah kanker serviks. Dari sekian banyak makanan, mana yang paling Anda suka? Untuk mencegah kanker serviks, tak cukup dengan pola makan sehat saja, Anda juga harus rutin berolahraga sehingga nutrisi sehat pada makanan dapat terserap secara optimal. 


Jika Anda membutuhkan produk makanan sehat seperti gandum tubuh maupun kacang hijau organik, anda bisa kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja berbagai produk makanan sehat.

 

Baca juga: Benarkah? Rajin Konsumsi Kacang Hijau Organik Saat Hamil Membuat Rambut Bayi Lebat

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Anak yang Tak Boleh Dilewatkan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published