5 Sumber Karbohidrat ini Bisa Dikonsumsi Pengidap Diabetes untuk Hidup Sehat

5 Sumber Karbohidrat ini Bisa Dikonsumsi Pengidap Diabetes untuk Hidup Sehat

Pasien diabetes harus menerapkan pola hidup sehat. Diabetes sendiri adalah kondisi saat seseorang tidak mampu memproduksi cukup insulin atau menggunakannya secara efisien. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh juga melonjak, sehingga mengakibatkan risiko yang dapat mengancam jiwa.

Namun diabetes dapat dikendalikan dengan mengonsumsi menu makan sehat. Salah satu yang harus dihindari adalah karbohidrat karena bisa menjadi glukosa yang memicu kenaikan gula darah dengan cukup cepat.

Meski dianggap sebagai musuh, ternyata ada beberapa jenis karbohidrat yang aman dikonsumsi pengidap diabetes, seperti sorgum dan beras merah. Selain itu, berikut ini alternatif karbohidrat yang dapat dikonsumsi pasien diabetes.

  • Buah
  • Buah adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi penting. Selain vitamin dan serat, buah sebetulnya juga mengandung karbohidrat. Namun, karbohidrat tersebut aman dikonsumsi pengidap diabetes.

    The American Diabetes Association merekomendasikan pasien diabetes dapat mengonsumsi buah-buahan asal mereka tidak memiliki alergi.

    Namun, ada juga beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari seperti mangga, pisang, dan anggur yang memiliki kalori tinggi. Lebih baik pilihlah buah yang kaya serat seperti jeruk, semangka, apel, dan pepaya.

  • Kacang-kacangan
  • Beberapa jenis kacang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Tapi juga mengandung protein dan serat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

    Kamu bisa memasukkan kacang merah dan kacang hitam ke dalam menu makan sehat harian. Sementara asupan serat yang dianjurkan bagi pria dan wanita adalah sebanyak 25 dan 38 gram setiap harinya. Kebutuhan serat tersebut bisa didapatkan dari mengonsumsi kacang-kacangan.

  • Sayuran
  • Sayuran memang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, namun tidak semua sayuran aman dikonsumsi penderita diabetes. Sebab, ada jenis sayuran yang tinggi karbohidrat, seperti kentang dan kacang polong.

    Jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah brokoli, paprika, dan sayur berdaun hijau.

    Selain menurunkan kalori, sayuran juga mengandung senyawa yang mampu meningkatkan kesehatan, seperti kembang kol dan kangkung.

    hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Biji-bijian Utuh
  • Ingin memilih sumber karbohidrat pati yang berasal dari biji-bijian? Pilihlah biji-bijian utuh seperti beras merah dan gandum yang tinggi serat. Makan ini juga dapat membantu mengelola kadar glukosa dalam darah karena mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Karbohidrat jenis ini tentu lebih baik dibanding nasi putih atau pasta.

  • Produk Susu
  • Pasien diabetes memang disarankan untuk membatasi konsumsi makanan atau minuman manis. Tapi produk susu masih boleh dikonsumsi kok.

    Produk susu memang mengandung gula dalam bentuk laktosa, namun kelompok makanan ini malah penting untuk dimasukkan ke dalam menu makan sehat setiap hari karena kandungan protein dan kalsiumnya.

    Protein memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot dan metabolisme. Sedangkan kalsium penting bagi kesehatan otot, jantung, dan tulang.

    Karena itu, selama mengonsumsi produk susu dalam jumlah yang wajar, ini bisa memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan.

    Untuk jenisnya, beberapa ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi susu rendah lemak bagi pengidap diabetes. Namun lebih baik konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau ahli nutrisi agar asupannya tepat.

    Itu dia jenis karbohidrat yang bisa dikonsumsi penderita diabetes untuk hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa terapkan tips sehat lainnya seperti rutin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar.

    Beberapa jenis karbohidrat seperti kacang dan biji-bijian di atas, seperti beras merah dan sorgum bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Cek bahan pangan sehat lainnya di sini.

     

    Baca juga: Benarkah Stop Asupan Gula untuk Hidup Sehat Dapat Membunuh Sel Kanker Di Tubuh

    Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kelebihan Gula Darah untuk Hidup Sehat! Yuk Cegah Diabetes Sedini Mungkin


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published